Museum Macan Jakarta

Museum MACAN, Alternatif Liburan Terunik di Jakarta

Masih bingung mencari tempat liburan paling unik di Jakarta? Jika sampai saat ini Anda masih bingung untuk menentukan tempat liburan Anda, maka Anda bisa mencoba berkunjung ke Museum Macan ini. Ini adalah salah satu destinasi wisata paling ramai di sosial media, yaitu di Instagram. Karena didalamnya menyuguhkan aneka karya menarik dari para seniman dari Jepang.

Dia adalah Yayoi Kusama. Selain memiliki hasil karya seni yang bagus, ada banyak spot menarik yang bisa dijadikan sebagai spot terbaik untuk dipotret. Nah, dari sinilah akan kami kupas tentang serba-serbi dari Museum Macan. Mulai dari lokasi, spot menarik, kegiatan menarik disini, fasilitas, harga tiket masuk, dan jam bukanya.

Lokasi dan Jam Buka Museum

Museum MACAN (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara) ini terletak di Jl Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda bisa berkunjung di jam buka jam 10 pagi sampai dengan jam 7 malam. Museum ini setiap hari buka, kecuali hari senin. Sehingga, Anda bisa menikmati Museum Macan ini sepuasnya di jam buka tersebut sesuka hati Anda.

Spot Menarik di Museum MACAN

Museum MACAN
Museum MACAN, (c) by @vanissakaris

Ada beberapa spot menarik di tempat ini. Misalnya saja, seperti Infinity Mirrored Room dan Yayoi Kusama. Dimana untuk Infinity Mirrored Room ini adalah ruangan paling populer di tempat ini. Ruangan ini dibuat Yayoi di tahun 2014 yang lalu. Disinilah Anda bisa menyaksikan hasil karya seni di dalam ruangan kubus lengkap dengan lampu warna-warninya.

Disini juga Anda akan melihat sebuah ruangan yang dilapisi oleh cermin. Sehingga, cahanya nanti akan memantul dan seperti tidak berujung. Keunikan di tempat ini tentu saja membutuhkan trik tersendiri dan bernilai seni tinggi. Sedangkan, untuk spot menarik Yayoi Kusama ini adalah salah satu spot menarik untuk ajang pameran seni rupa.

Disinilah Anda bisa melihat 130 karya berbentuk patung, lukisan, karya seni di atas kertas, dan lain-lain. Yayoi sendiri sudah berkarya hingga 70 tahun. Semua karya yang ditampilkan terkenal dengan nilai artistiknya. Sehingga, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri yang instagramable untuk semua orang.

Tak hanya itu saja, ada juga spot menarik lainnya sebagai hasil karya paling populer di tempat ini. Yaitu, Great Organic Pumpkin. Ini adalah karya pertama paling terkenal di museum ini. Sebuah patung labu raksasa. Patung ini dinamakan seperti itu karena bentuknya labu berwarna kuning yang dipenuhi dengan polkadot berwarna hitam. Sehingga, hal ini membuatnya terlihat sangat unik dan lebih berbeda.

Labu ini sendiri punya makna khusus dan berbeda sekali untuk Yayoi. Karena labu ini dibuat seakan-akan mengingatkannya ketika masih SD. Saat itu adalah saat pertama kalinya dirinya melihat labu di perkebunan sang kakek. Sehingga, dengan kembalinya memori Yayoi terhadap masa kecilnya dengan sang kakek dan keluarganya itulah membuatnya menciptakan hasil karya bernama Great Organic Pumpkin ini.

Kegiatan Menarik di Museum MACAN

Museum MACAN 7

Selain memiliki spot yang menarik, ada banyak juga kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Jadi, untuk Anda yang ingin mencari suasana liburan yang berbeda, cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan menarik di Museum Macan ini, seperti yang ada di bawah ini:

  • Bermain sticker di ruangan Obliteration Room. Ini adalah salah satu kegiatan menarik di lantai 2 museum ini. Ruangannya bernuansa putih seperti sebuah rumah, lengkap dengan segala macam furniturenya. Saat memasuki ruangan ini, Anda bisa dengan bebasnya menempel selembar sticker dimana saja. Sehingga, kegiatan ini makin seru!
  • Mewarnai dan menggambar juga bisa dilakukan di tempat ini. Jadi, selain bisa melihat pameran seni disini, Anda juga bisa menciptakan karya seni Anda sendiri. Karena disini nanti juga disediakan sebuah ruangan yang memiliki meja kursi lengkap dengan papan alumunium bergambarnya. Sehingga, Anda bisa menjiplaknya dengna pensil warna yang ada. Kemudian, gambar itu nanti bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.
  • Memasuki dunia baru pada instalasi seni. Disini ada jendela pada setiap sisinya. Sehingga, Anda bisa mengintip dan melihat permainan lampu indah ke dalam yang telah dipantulkan dari kaca yang ada di sekelilingnya. Selain ada lampu, disana juga ada instalasi berisi balon dan bola.
  • Salah satu kegiatan menarik di tempat ini adalah, Anda bisa berbelanja berbagai macam souvernir aesthetic. Jadi, disinilah Anda bisa dengan puasnya berkeliling membeli souvernir yang ada di gift shop. Anda bisa membeli tas, payung, buku, dll. Tenty saja setiap souvernir yang dijual tersebut bertema sama dengan pameran yang berlangsung.

Baca Juga : 6 Museum di Jogja yang Populer ini, Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Fasilitas

Museum MACAN

Museum Macan ini memiliki banyak fasilitas yang lengkap. Salah satunya adalah adanya fasilitas koleksi seni hingga mencapai 800 koleksi. Sehingga, Anda bisa menikmati aneka koleksi seni yang tidak biasa ditemukan di tempat lainnya. Tak hanya itu saja, di museum ini juga menawarkan fasilitas berupa program pameran dan juga acara yang aktif.

Menjadi institusi seni, hal ini membuat Mesum macan ini berdedikasi demi mendukung pertukaran budaya dan pendidikan interdisipliner. Disamping itu, disini juga menawarkan aneka program publik beserta program pameran yang sangat dinamis. Disinilah nantinya akan dijadikan sebagai wadah bagi seniman nasional dan juga seniman internasional untuk memperlihatkan hasil karya seninya.

Di Museum Macan ini juga menawarkan peluang untuk mengembangkan profesional bagi apra seniman, pegiat seni, dan para kurator. Dengan begitu, mereka semua bisa bersama-sama berjuang membangun ekologi seni Indonesia yang lebih baik lagi. Itu tadi adalah beberapa fasilitas umum yang ditawarkan di tempat ini.

Selain tersedia banyaknya koleksi seni, disini juga tersedia fasilitas umum lainnya demi menambah kenyamanan wisatawan. Fasilitas umumnya itu bisa berupa ruang menyusui, fasilitas toilet, fasilitas untuk difabel, ruang P3K, ruang penitipan barang, cafe, akses untuk jalanan kursi roda, dan masih banyak yang lainnya.

Harga Tiket Masuk Museum Macan

Museum MACAN
Photo (c) @nimassri

Anda bisa menikmati biaya tiket masuk yang terjangkau di tempat ini. Untuk biaya tiket masuk dewasa sebesar Rp 50.000, -. Sedangkan biaya tiket masuk anak-anak adalah sebesar Rp 30.000, -. Kemudian, biaya tiket masuk pelajar adalah sebesar Rp 40.000, -.

Disinilah Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk ikut mendukung program Macan Society. Ini adalah program keanggotaan Museum.
Dengan mengikuti program keanggotaan inilah, Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan yang eksklusif.

Baca jugaTaman Mini Mania Cimory, Spot Foto Taman Miniatur Dunia di Semarang

Untuk biaya kenggotaan museum ini cukup terjangkau. Mengingat semua hasil karya seni yang ditawarkan benar-benar eksklusif. Untuk biaya keanggotaan individu adalah Rp 300.000, -, untuk biaya pelajar sebesar Rp 180.000, – dan biaya keanggotaan keluarga yang terdiri atas 2 orang dewasa dan 2 anak adalah Rp 750.000, -.

Yang pasti, ada banyak sekali hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Museum Macan ini. Dengan memiliki 130 karya pameran lebih, tentu saja ini membuat tempat ini tidak pernah mengecewakan pengunjungnya. Maka dari itulah, jangan sampai ketinggalan setiap pameran yang diadakan di Museum Macan, jika Anda mengaku berjiwa seni.

Artikel ini di tulis jasa penulis artikel SEO profesional saungwriter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.