Air terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip, Air Terjun Nan Exsotis di Tuban

Air Terjun Nglirip adalah sebuah destinasi air terjun nan exsotis dan indah berada di Tuban, Jawa Timur. Wisata Air Terjun Putri Nglirip ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang suka dengan air terjun, khususnya masyarakat Jatim. Akhir – akhir banyak wisatawan local maupun dari luar daerah yang berbondong – bondong mengujungi tempat wisata tuban ini.

SuasanaNyaman dan santai
Jam buka06.00–17.00 WIB (Senin sampai Minggu)
Tiket MasukRp. 5000 (Orang dewasa
Rp. 2000 (Anak – anak)
Kontak
FasilitasToilet, Warung Makan, Spot Foto dll.
AlamatNglirip, Singgahan, Sawah, Tingkis, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Penasaran seperti apa sih review Nglirip Waterfall Tuban ini kog cocok anda kunjugi. Bagi yang kepo nih langsung simak ulasan dan reviewnya dibawah.

Air Terjun Nglirip

Mungkin jika berbicara air terjun akan sama pada air terjun pada umumnya. Yaitu adalah sebuah aliran air yang mengalir dan terjun dari atas tebing, gunung, lembah atau lain lain. Namun Air terjun pada setiap daerah selalu memiliki keunikan dan peminatnya masing – masing.

Air Terjun Nglirip

Lalu apa keunikan dari air terjun Nglirip ini ? untuk keunikannya tidak banyak. Diantara daya tarik yang banyak memukai adalah warna airnya yang biru tosca lalu dipadukan dengan kerindangan pepohonan yang tumbuh di sekitar tebing. Sehingga setiap mata yang melihat akan terkagum kagum. Suasana alamnya, bisa dibilang sejuk menambah kenyamanan ketika wisatawan yang datang.

Jika di lihat dari foto tampak air terjun ini tidak terlalu tinggi. Namun itu berbanding terbalik dengan kenyataannya, dimana air terjun tuban ini memiliki ketinggian 25 Meter. Dimana airnya mengalir dari dari hulu hutan salah satunta hutan Karawak.

Air Terjun Nglirip Tuban

Rekomendasi kami datanglah saat habis musim penghujan, tepatnya masim kemarau. Jika anda menginginkan hasil foto atau selpie anda nantinya keren. Karena jika musim penghujan debit Air Terjun ini akan naik dan mengubah warna air,dari biru tosca menjadi warna coklat. Tentunya hal ini akan mengurangi kexsotisan Nglirip Waterfall .

Baca Juga : Wahana dan Harga Tiket Jatim Park 1 Malang

Di Air Terjun Nglirip juga sudah tersedia beberapa spot foto dengan berbagai angle kamera yang keren sob. Contohnya dari atas batu ditengah tengah sungai mengarah ke air terjun. Atau di tempat duduk seperti gardu pandang namun rendah.

Harga Tiket Air Terjun Nglirip Tuban

Untuk harga tiket masuk ke Air Terjun Nglirip ini pengujung hanya perlu membayar Rp. 5000 perorang. Oh iya bagi yang anak – anak cukup membayar tiket Rp. 2000 saja. Jika Anda membawa kedaraan maka juga akan dikenakan biaya untuk perkirnya. Dimana untuk kendaraan roda dua Rp. 2000 sedangkan untuk roda empat Rp. 5000.

TiketHarga
Tiket orang dewasaRp. 5000
Anak – anakRp. 2000
Parkir sepeda motorRp. 2000
Parkit mobilRp. 5000

Cukup murah bukan harga tiket masuknya, selepas itu anda bisa puas menikmatis keindahan Air Terjun di Tuban ini.

Lokasi Air Terjun Putri Ngirip

Untuk lokasi Air Terjun Nglirip ini berada di Nglirip, Singgahan, Sawah, Tingkis, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Estimasi dari pusat kota Tuban dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dengan jarak tempuh 33 Km. Sedangkan untuk rute sendiri ada dua jalur, yakni melalui Jl. Raya Montong dan melalui Jl. Banyulangse dan Jl. Raya Montong.

Semua jalan dapat dilalui oleh kendaraan umum, baik roda dua maupun roda empat. Jika anda binggung rute dan alamat ait terjun ini silahkan bisa membuka google maps dari lokasi anda. Dengan memilih tujuan Air Terjun Putri Nglirip.

Mitos Air Terjun Nglirip

Setelah kita membahas keindahan wisata ini, mari kita membahas asal – usul atau lengenda tentang Air Terjun Nglirip. Mitosnya, konon pada jaman dahulu ada 1 pasangan kekasih yang memiliki perbedaan kasta. Dimana sang pria berasal dari keluarga kaya raya atau bisa dibilang bangsawan lah. Sedangkan dari pihak wanita berasal dari keluarga rakyat biasanya.

Dari perbedaan golongan ini maka orang tua dari pihak pria tidak setuju dengan hubungan mereka. Puncak masalahnya dimana sang pria tetap kekeh pada hubungannya dengan gadis desa itu.

Baca Juga : Harga Tiket dan Lokasi Bumi Kitiran Batu, Malang

Sehingga membuat sang ayah dari pria ini geram karena akan memalukan pihak keluarga bangsawan. Maka sang ayah dari pria ini mengambil tindakan. Dimana sang ayah menyuruh para pengawal untuk membunuh sang anak tersebut.

Kabar tak enak bahwa sang pria tersebut telah tiadapun sampai ke gadis desa tersebut. Ini membuat sang gadis tersebut terlarut dalam kesedihan yang berkepanjangan dan tidak terima.

Air terjun Putri Nglirip

Maka suatu hari sang gadis lari ke goa yang ada dibalik air terjun nglirip sampai akhir hayat hidupnya. Konon sang gadis telah membawa kutukan di sekitar Air Terjun tersebut. Dimana kutukannya adalah setiap pasangan yang datang ke wisata tuban ini, hubungannya tidak akan bertahan lama dalam beberapa hari.

Baca Juga : Review Coban Tundo Malang

Dari tragedi cerita di atas maka timbulah beberapa larangan air terjun Nglirip bagi pengujung yang datang. Yakni setiap pengujung dilarang membawa pasangan belum sah alias nikah. Dimana jika hal tersebut dilanggar konon katanya pasangan yang datang akan putus cinta dalam waktu kurang lebih 1 bulan.

Meski ada mitos larangan tersebut dari beberapa sumber masih banyak pengujung yang membawah pasangan mereka ke Airtterjun Putri Nglirip ini. Dalam hal ini Anda ini anda dapat percaya atau tidak, namun sebaiknya adalah mematuhi peraturan yang berlaku. Agar Hal hal yang tidak diingikan tidak terjadi.

Nah itulah review dan informasi mengenai air terjun Nglirip yang berada di Kabaputen Tuban. Semoga menjadi refrensi anda sebelum berkunjung ke wisata ini. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial anda agar lebih bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.